3 tahun pertama

· Uncategorized
Penulis

Bayi adalah masa keemasan dimana pada setiap perkembangannya begitu berpengaruh pada dirinya ketika dewasa kelak. Tentunya para ibu – ibu yang memiliki bayi semua begitu antusias terhadap apa saja perkembangan – perkembangan yang ada pada sikecil. Tak jarang para ibu – ibu rela mengorbankan begitu banyak uangnya demi masa keemasan si buah hati untuk dapat dimanfaatkan dengan seoptimal mungkin.
Dalam kehidupan anak usia 3 tahun merupakan masa yang paling sensitif dan akan menentukan perkembangan otak dan kehidupannya dimasa mendatang. Tentunya bagi para orang tua yang memiliki anak seusia itu akan melakukan hal yang terbaik bagi anak karena perlu kita ingat satu hal bahwa kewajiban orang tua adalah memberi hak untuk buah hati tercinta. Oleh karena itu, jangan sia – siakan masa keemasan ini. Mungkin tak jarang orang yang ingin tahu alasan mengapa tiga tahun pertama sangat menentukan dalam kehidupan anak. Hal ini disebabkan karena bagian terpenting dalam tubuh manusia adalah otak. Dan otak itu akan tumbuh sangat pesat pada awal kehidupan dan akan mencapai 70 – 80 % pada tiga tahun pertama. Dengan demikian kita dapat memberikan stimulasi / rangsangan. Pemberian stimulus yang paling efektif dalam usia ini yaitu dengan melakukan olahraga otak secara ringan. Dalam usia ini, peran ibu juga sangat berpengaruh dalam menentukan kecerdasan buah hatinya. Stimulus / rangsangan hendaknya diberikan secara kompleks, tapi ringan. Mulai dari stimulus bahasa, hingga stimulus gerakan dan sentuhan.
Stimulus bahasa, sebenarnya perlu diberikan sejak bayi merasakan dunianya yang pertama. Meskipun pada saat itu sang bayi bisa berbicara. Fungsi dari berbahasa merupakan proses paling komplek diantara seluruh fase perkembangan. Oleh karena itu berikan stimulus bahasa melalui pembicaraan. Ajaklah bayi bicara dengan suara lembut dan bahasa yang halus. Anggaplah sang bayi seakan – akan sudah mampu berbicara. Lantunkan lagu – lagu dengan ritme yang indah dan teratur atau bisa juga dengan diputarkan musik. Karena musik sangat mempengaruhi kehidupan manusia, musik memiliki tiga bagian penting yaitu irama, ritme, dan harmoni. Irama mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmoni mempengaruhi ruh.
Bayi biasanya mulai mengeksplorasikan tubuhnya ketika dia menginjak usia yang ketiga bulan. Ekplorasi tubuh sebenarnya dapat meningkatkan ketrampilan motorik halus bayi dan meningkatkan kecerdasan. Jadi, jika bayi terlihat pasif dan tidak pernah mengeksplorasi tubuhnya, kemungkinan secara fisik ia bermasalah. Kendala pada fungsi penglihatannya, akan membuat bayi menjadi tidak mampu melakukan pengamatan pada anggota tubuhnya. Mungkin juga terjadi masalah pada anggota geraknya, seperti kelumpuhan tangan atau kaki, sehingga ia tidak bisa mengangkat kakinya untuk diamati. Kalau ada kecurigaan seperti ini, sebaiknya orang tua segera berkonsultasi pada ahlinya.
Dengan demikian jika para orang tua memiliki anak dengan usia 3 tahun, hendaklah harus diperhatikan secara khusus. Karena masa ini adalah masa yang paling penting bagi sang buah hati. Jangan sampai kelak kita menyesal, karena masa keemasan tidak akan terulang kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: