5 Langkah Prinsip Mendirikan Lembaga PAUD

· Uncategorized
Penulis

Jika anda adalah seorang mahasiswa PG-PAUD tetapi tidak berkeinginan menjadi seorang guru, maka setidaknya anda bisa mendirikan lembaga PAUD, play group kelompok bermain dan lain- lain, sendiri 
Ada 5 langkah penting untuk mendirikan sebuah lembaga PAUD atau Playgroup. Kelima langkah penting ini tentunya setelah syarat utama, berupa tempat sudah tersedia. Mudah-mudahan sharing ini bisa bermanfaat untuk sahabat semua.
Berikut penjelasan dan uraian 5 langka itu ….

Langkah 1
Ini adalah langkah awal dan langkah terpenting. Karena langkah ini merupakan dasar dan akan memberikan pengaruh terhadap keempat langkah selanjutnya. Jika tidak punya langkah ini, kami memberikan masukan agar terlebih dahulu mencari dan menetapkan langkah ini terlebih dahulu. Langkah ini adalah sebagai pondasi bangunan lembaga. Jika salah maka bangunan yang berdiri juga tidak akan sekuat kelihatannya.
Langkah ini adalah memiliki PARADIGMA tentang ANAK yang BENAR. Paradigma adalah cara pandang dan cara berfikir. Paradigma Anak berarti cara pandang atau cara berfikir kita tentang anak. Mengetahui hakikat ini merupakan salah satu kunci sukses sebuah lembaga. Kami tidak mengatakan sukses dalam pandangan keumuman (banyak murid, banyak peminat) tapi sukses dalam menghantarkan anak sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan psikologi anak.
Mengapa harus dimulai dengan paradigma?
Karena jika kita memiliki sebuah paradigma tentang anak. Maka paradigma ini akan menjadi titik awal pemikiran langkah-langkah selanjutnya. Paradigma ini akan melahirkan berbagai tindakan yang mendukung paradigma tersebut.
Sebagai contoh peradigma kita terhadap anak adalah Anak adalah Raja dan Setiap Anak Itu Unik.

Langkah 2
Menentukan goal atau tujuan lembaga terhadap anak dan semua pihak yang terkait di dalamnya. Tujuan tidak hanya kepada anak tapi kepada semua orang yang terlibat di dalamnya. Namun demikian, anak harus menjadi titik focus. Semuanya harus berpusat pada anak. Goal atau tujuan harus ditetapkan terlebih dahulu sehingga semua kegiatan dilaksanakan untuk mencapai tujuan ini.

Langkah 3
Menyiapkan sarana yang dapat menstimulus anak. Bagi sebuah lembaga pengasuhan, sarana merupakan salah satu factor penting. Ia adalah nyawa dari perkembangan anak. Ada enam sarana yang seharus dimiliki sebuah lembaga pengasuhan :
1. Area Permainan
Sebuah sudut ruangan yang berisi mainan dari berbagai keterampilan bagi anak. Pemainan matematika, motorik halus, motorik kasar, konsentrai maupun permainan lainnya
2. Area Pasir dan air
Area ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan motorik halus dan motorik kasar
3. Area Cerita
Sebuah arena yang dipakai untuk mendengarkan cerita, berdiskusi, bercengkerama dan mengobrol.
4. Area Seni
Di area ini tersedia panggung ekspresi, berbagai boneka dan penunjang lainnya
5. Area Musik
Ini adalah area musik yang biasanya dijadikan area favorit. Berisi piano, drum kecil, suling, gitar dan sebagainya
6. Area Outdoor
Biasaya area ini dalah salah satu daya tarik utama sebuah lembaga pengasuhan. Maka area ini merupakan area wajib yang harus disediakan.

Langkah 4
Menentukan program belajar. Tujuan sudah ada, sarana sudah ada maka langkah ketiga adalah menentukan strategi belajar untuk mencapai tujuan di atas. Belajar bagi anak usia dini SANGAT BERBEDA dengan belajarnya seorang siswa TK, apalagi SD. Ada beberapa prinsip strategi belajar bagi anak usia dini :
1. Belajar dengan bermain
2. Belajar sambil bermain
3. Belajar dengan gembira
Tiga prinsip di atas harus menjadi acuan utama dalam menentukan strategi belajar. Karena jika salah satu dilanggar maka anak tidak akan berkembang sesuai dengan fase perkembangnnya.

Langkah 5
Membangun kerja sama lembaga (sekolah) dengan orangtua dan masyarakat sekitar. Dengan orang tua bisa dilakukan pertemuan rutin untuk membangun kebersamaan. Karena dilatarbelakangi perbedaaan kebiasaan setuap rumah dan pada setiap perlakuan, maka forum ini sangat diperlukan agar strategi belajar bisa dilaksanakan bersama di sekolah maupun di rumah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: