Betapa Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Usia Dini

· Uncategorized
Penulis

Usia 0 – 6 tahun merupakan usia emas atau yang sering disebut dengan “Golden Age”. Oleh karena itu pada tahap perkembangan ini harus benar – benar mendapat perhatian maksimal dari orang tua atau guru. Masa –masa usia emas merupakan periode yang sangat penting karena tumbuh kembang anak pada usia dini sangat menentukan kualitas kecerdasan, kesehatan, dan kematangan emosional di masa yang akan datang. Pada usia ini jika anak mendapat perhatian yang maksiml maka anak  akan menjadi optimal dalam menyerap ilmu pengetahuan pada jenjang pendidikan berikutnya. Oleh karena itu, Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pondasi yang kuat dan kokoh bagi perkembangan anak. pendidikan anak usia dini yang ada di Indonesia selama ini lebih banyak dilaksanakan oleh masyarakat. Banyaknya Taman Kanak-Kanak dan Kelompok Bermain yang diselenggarakan oleh masyarakat menunjukkan besarnya minat masyarakat pada pendidikan anak usia dini. Orang tua akan merasa bangga jika anak – anaknya yang masih berada pada jenjang kelompok bermain  sudah pandai membaca dan menulis. Hal ini juga yang menjadi tolak ukur kualitas yang dapat mempengaruhi popularitas sebuah PAUD.

Sebagian  orang tua di ndonesia ada yang memandang sebelah mata tentang pentingnya pendidikan anak usia dini. Mereka belum mengerti dan sadar betul betapa pentingnya pendidikan pada masa usia emas tersebut.oleh karena itu sosialisasi tentang betapa pentingnya memberikan progam pendidikan anak usia dini pada masa – masa golden age. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesaaran para orang tua dan membantu progam pemerintah dalm meningkatkan mutu pendidikan pada masa mendatang. Mengingat sangat pentingnya pendidikan bagi anak usia dini. Maka para calon mahasiswa banyak yang ingin mendaftarkan diri menjadi guru PAUD. Karena mahasiswa prodi PAUD memiliki prospek karir yang cerah. Mengapa demikian ?

Karena semakin banyak orang tua yang peduli dengan pendidikan anak mereka sejak usia dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menaruh perhatian yang besar terhadap pengembangan PAUD, hal tersebut tercermin dari alokasi anggaran yang semakin besar dan kian beragamnya program pengembangan yang digagas oleh Direktorat PAUD. Pada saat ini dan masa mendatang progam pendidikan PAUD akan menjadi booming mengingat betapa pentingnya memberikan pendidikan bagi anak – anak pada usia dini. Dalam rangka mencetak generasi emas yang berguna meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: