Pengenalan Komputer pada Anak Usia Dini

· Uncategorized
Penulis

Perkembangan jaman yang semakin maju tidak dapat terpisahkan lagi dengan adanya teknologi di berbagai bidang. Dan apabila kita berbicara tentang teknologi, hal pertama yang akan terlintas adalah komputer. Benda yang awalnya hanya befungsi sebagai mesin hitung itu sekarang telah berkembang dan dapat digunakan untuk berbagai hal. Sekarang ini komputer hampir tidak dapat terpisahkan dengan kehidupan sehari – hari. Hampir semua orang dari semua kalangan, usia, dan instansi menggunakannya. Tak terkecuali dengan anak usia dini.

Sebagai seorang guru maupun orang tua, kita haruslah teliti dan berhati – hati pada hal ini karena salah dalam mengenalkan apa itu komputer dapat menyebabkan anak memiliki persepsi lain dan atau berakibat pada hal – hal negative. Misalnya apabila seorang anak bertanya pada orang tuanya tentang apa itu komputer dan orang tuanya menjawab asal dengan mengatakan bahwa komputer itu adalah alat yang digunakan untuk bermain game, maka sang anak juga hanya tahu bahwa komputer itu gunanya untuk bermain game. Atau dapat berakibat lebih buruk dengan anak yang kecanduan game komputer yang sama sekali tidak bermanfaat bagi perkembangannya.

Di sekolah, seorang guru dapat mengajarkan dasar – dasar komputer atau penggunaannya serta manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari. Atau dapat juga menjelaskan bahwa komputer itu dapat membantu pekerjaan seseorang.

Contoh yang dapat disampaikan misalnya sebagai berikut:

  • Apa yang dipelajari anak di dalam bukunya dapat dibuat di komputer;
  • Dokter menggunakan komputer untuk membantu pekerjaannya dalam mengetahui penyakit pasiennya;
  • Komputer dapat digunakan untuk mendengarkan music, guru dapat mencontohkannya dengan kegiatan senam dimana guru memainkan lagu senam menggunakan komputer;
  • Komputer dapat digunakan untuk menonton film, guru dapat mencontohkannya dengan memainkan film edukasi bagi anak;
  • Komputer dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara orang – orang yang berada di tempat yang jauh menggunakan internet;
  • Dll.

Masih banyak contoh – contoh lain yang dapat disampaikan, guru harus pandai – pandai memberikan contoh yang positif bagi anak.

Di dalam suatu sekolah sebaiknya disediakan perangkat komputer sebagai media pembelajaran, sehingga guru lebih mudah dalam menyampaikan materi dan anak dapat mempraktekkan langsung apa kegunaan komputer. Misalnya guru dapat memainkan sebuah lagu atau video tari anak, anak – anak dapat menirukan dan ikut menyanyi dan menari. Selain dapat memberikan kesempatan bagi anak untuk belajar komputer, hal ini dapat mengasah konsentrasi dan ketrampilan fisik motorik anak, serta sebagai hiburan dan membuat anak rileks.

Sekarang ini banyak sekali tersedia berbagai macam media pembelajaran edukatif berbasis multimedia, seperti belajar mengenal binatang melalui film animasi. Orang tua dan guru haruslah dapat memanfaatkannya sebagai media pembelajaran yang baik bagi anak disamping menjadi hiburan bagi mereka.

Selain mengenalkan kegunaan dan manfaat komputer pada anak, ajarkan juga cara merawat komputer mulai dari hal yang dianggap paling dasar. Contohnya, mengunakan komputer apabila memang diperlukan, tidak meletakkan makanan dan benda – benda berbau tajam di dekat komputer, membersihkan komputer agar tidak berebu, dan lain – lain.

Komputer memang pelu diperkenalkan kepada anak sejak dini. Meskipun begitu, sebagai orang tua maupun guru, kita harus memperhatikan apa yang dikonsumsi anak – anak selama mereka belajar mengenal komputer. Minimalkan pengenalan game – game yang tidak bermanfaat bagi pengembangan mereka.

Apabila ingin mengenalkan anak – anak pada internet, sebaiknya perlu diperhatikan bagaimana anak akan memberikan persepsinya dan bagaimana akibatnya pada anak nantinya. Salah sedikit saja dapat berujung pada hal negative.

Jangan sampai nantinya anak lebih memilih bermain dengan komputernya dibanding dengan bermain dengan teman – temannya. Baimanapun dalam masa perkembangannya, anak perlu belajar bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Anak usia dini berada dalam masa bermain dimana mereka akan mengembangkan kemampuan dan ketrampilanya. Baik dalam segi kognitif, afektif, social-emosional, fisik-motorik, dan bahasanya.

Satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh seorang guru adalah bahwa anak – anak usia dini yang berada dalam masa emasnya (golden age) pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Mereka sering menanyakan hal – hal yang bahkan orang dewasa tidak pernah memikirkannya. Sebagai seorang guru kita tidak boleh bosan dalam menjawab pertanyaan anak lontarkan. Jangan sekali – kali menghardik atau mengabaikan pertanyaan anak, karena itu akan mematikan kreativitasnya dan tidak akan mengembangkan kognitif serta mental anak. Jadikan pertanyaan – pertanyaan mereka sebagai salah satu peluang untuk mengembangkan kemampuan dan menggali potensi mereka sejak usia dini.

Hanifah Nur Azizah (K8111035)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: