Kalsium Menguatkan Tulang dan Gigi Si Kescil

· Uncategorized
Penulis

 

  1. 1.    Peran dan Fungsi

Kalsium merupakan mineral yang penting untuk manusia. Sembian puluh sembilan persen kalsium didalam tubuh manusia terdapat di tulang. Dan, sebanyak 1 persen kalsium terdapat di dalam cairan tubuh, seperti serum darah, di sel-sel tubuh, dalam cairan ekstra seluler dan intra seluler.

  1. Peran kalsium dalam cairan tubuh :
  • Kontraksi dan relaksasi otot
  • Transemisi impuls saraf
  • Pembekuan darah
  • Mengatur rekresi hormon
  • Sebagai co factor (faktor pendukung) pada beberapa enzim
  1. Peran kalsium untuk tubuh manusia
  •  Sebagai penguat struktur tulang
  •  Sebagai bank kalsium. Jika kalsium dalam darah menurun, maka tubuh akan mengambil cadangan dari tulang dengan bantuan beberapa hormon
  1. Fungsi kalsium bagi tubuh:
  • Pembentukan tulang dan gigi. Dengan asupan kalsium yang baik, tulang dan gigi menjadi kuat dan tumbuh normal. Asupan kalsium sangat penting untuk ibu hamil dan menyusui, sehingga anak-anaknya mempunyai gigi dan tulang yang sehat. Tulang anak-anak yang kekurangan kalsium dan vitamin D akan menjadi kurang kuat, bahkan bentuk kakinya bisa menjadi X atau O.
  • Mengatur pembekuan darah.
  • Kontraksi otot dan relaksasi otot. Bila kalsium rendah, maka otot tidak dapat relaksasi, sehingga menimbulkan kejang. Pengendalian kalsium di dalam darah dilakukan oleh vitamin D, hormon paratiroid/PTH, dan hormon kalsitonin.
  1. 2.    Sumber Kalsium

Sumber kalsium terbagi menjadi dua, yaitu hewani dan nabati. Sumber kalsium dari hewani antara lain ikan, udang, susu, dan produk olahan susu (dairy), seperti yogurt, keju, dan ice cream, kuning telur, daging, dll. Namun, bila mengonsumsi makanan hewani secara berlebihan terutama daging sapi, dapat menghambat penyerapan kalsium, karena kadar proteinnya sangat tinggi.

Sumber makanan yang mengandung kalsium nabati terdapat di sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, tempe, tahu, dll.

Mengonsumsi kalsium yang tepatsebaiknya 3 gelas sus/hari, mencakup 900 mg kalsium. Namun jangan dulu tergiur dengan susu hi-calsium, karena tidak semua orang membutuhkan susu hi-calsium.

Efek samping mengonsumsi kalsium berlebih bisa terjadi pengkristalan pada ginjal yang berkibat pada batu ginjal. Bila ingin mengonsumsi susu hi-calsium harus dipertimbangkan lagi disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk anak-anak yang over weight, jangan mengonsumsi susu full cream karena lemaknya tinggi, sebaiknya memilih susu yang low fat atau nonfat.

 

 

           

 

 

Tinggalkan komentar