Pengenalan Komputer Sejak Dini

· Uncategorized
Penulis

Anak Usia Dini ialah anak dengan usia 0-6 tahun. Yang menjadi pertanyaan “apakah sudah tepat untuk mengajarkan tentang komputer pada mereka? Mulai darimana yang harus diajarkan?

Untuk sekarang ini kemajuan teknologi memang sangat pesat, misalnya saja dulu Handphone merupakan barang yang mewah namun sekarang handphone sudah menjadi kebutuhan untuk semua lapisan masyarakat. Begitu pula dengan komputer, saya dulu mengenal komputer itu di bangku SMP tetapi sekarang SD pun sudah mulai dikenalkan dan bahkan TK juga ada yang sudah memberikan pelajaran tentang komputer pada siswanya hanya mungkin masih beberapa.
Dari beberapa TK di sekitar rumah saya memang belum ada yang sudah memberikan pengenalan komputer pada anak di sekolah. Sebenarnya perlu tidak ya pengenalan tentang komputer itu pada anak usia dini ? mengingat bahwa masa mereka adalah masa dimana mereka belajar sambil bermain.
Namun mengingat zaman sudah semakin maju dirasakan memang perlu pengenalan tentang komputer terhadap anak. Usia 0-6 tahun itu merupakan tahun-tahun yang tepat untuk membentuk kepribadian anak dan juga mengembangkan potensi yang ada dalam diri setiap anak. Pengenalan tentang komputer disini juga senantiasa masih yang dasar-dasar saja, missal pengenalan apa saja komponen komputer itu, bagaimana cara menggunakan mouse dll. Dan dalam waktunya juga harus jangan terlalu lama, secukupnya saja agar walaupun sedikit demi sedikit paling tidak anak tahu apa itu komputer. Karena memang masih banyak tempat Pendidikan Anak Usia Dini yang belum memberikan pelajaran tentang komputer, namun mengingat sekarang teknologi sudah berkembang pesat tidak menutup kemungkinan pengetahuan tersebut didapatkan dimana pun. Oleh karena itu, sebagai orang tua juga harus mulai memberikan pengenalan-pengenalan sederhana tntang konputer untuk anaknya. Bagi yang memang telah memiliki fasilitas tersebut juga harus memanfaatkan sebagai pembelajaran untuk anak dengan tetap tidak melupakan pengawaasan. Pengenalan sejak dini tentang komputer ini diperlukan untuk menyiapkan anak dalam menghadapi perkembangan teknologi ini. Selain itu pengenalan dengan cara yang tepat agar nantinya tidak menimbulkan dampak negatif. Untuk pembelajaran tentang komputer atau lebih dikenal dengan TIK untuk anak usia dini senantiasa dipersiapkan dengan baik agar sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Oleh karena itu, untuk para orang tua janganlah ragu untuk memberikan pengenalan tentang compute bagi anak. Asalkan pengawasan juga tetap harus selalu diperhatikan. Siapa tahu bakat anaknya adalah sesuatu yang berhubungan dengan komputer. Seperti kisah seorang bapak yang anaknya masih usia dini tetapi sudah menyukai otak-atik di coreldraw, tentu hal tersebut sangat mengesankan.
Jadi mari kita kenalkan komputer itu sejak dini…:D

Untuk teman-teman setujukah kalian dengan pendapat itu? Komentari ya,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: