HUBUNGAN SQ, IQ DAN EQ

· Uncategorized
Penulis

Menurut Stephen R. Covey, IQ adalah kecerdasan manusia yang berhubungan dengan mentalitas. IQ adalah alat untuk melakukan sesuatu dengan kemempuan intelektual ini dipandang sebagai penentu keberhasilan orang, namun saat ini IQ tidak digunakan lagi sebagai acuan menentukan keberhasilan serta dianggap kurang memuaskan karena terbukti adanya individu yang gagal dengan IQ yang tinggi.
EQ merupakan kecerdasan sosial yang memiliki komponen utama berupa kesadaran diri motivasi pribadi, pengaturan diri, empati, dan keahlian sosial. ada letak dari kecerdasan emosional yaitu pada sistem limbik. EQ lebih mengacu pada rasa sehingga jika kita tidak mampu mengelola aspek rasa kita dengan baik maka kita tidak akan mampu menggunakan aspek intelktual secara efektif. hal ini karena pada dasarnya IQ menentukan kesuksesan hanya 20% sedangkan EQ 80%.
SQ sedangkan SQ merupakan kecerdasan spiritual yang diyakini mampu mengoptimalkan keja kecerdasan yang lain. jika SQ seseorang tinggi maka ia akan mampu menyandarkan jiwa sepenuhnya berdasarkan makna yang ia peroleh, jika hatin telah tenang akan memberi sinyal untuk menurunkan kerja simpatis menjadi para simpatis.
Manajemen diri untuk mengolah hati dan potensi kemanusiaan tidak cukup hanya dengan IQ dan EQ tapi juga kecerdasan SQ yang juga berperan dalam diri manusia sebagai pembimbing kecerdasan lain. kini orang dapat sukses tidak cukup hanya berkarya dengan kecerdasan rasional, melainkan ia juga perlu kecerdasan emosional agar merasa gembira, dapat bekerja sama denga orang lain, mempunyai motivasi kerja dan bertanggung jawab serta live skill lainnya. mengenmabngkan kecerdasan spiritual sangat penting untuk menjadikan manusia menjadi lebih bermakna. oleh karena itu sesuai dengan pendapat Covey bahwa SQ merupakan kunci utama kesadaran yang dapat membimbing kecerdasan lainnya. by : Arifiana. dipetik dari Muhammad As’adi. 2011. Dahsyatnya Senam Otak. Yogyakarta: Diva-Press

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: